MAKALAH MENEJEMEN
(MUTU PENDIDIKAN SMAN 1 AIKMEL)
NAMA: Martina Kurnia Ningsih
Nim :01114060
Prodi : Akuntansi
FAKULTAS
EKONOMI UNIVERSITAS NAROTAMA
JALAN
ARIF RAHMAN HAKIM 51 SURABAYA
TAHUN
AJARAN 2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta kasih sayang-Nya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Sholawat
serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.Makalah
ini
saya susun membahas tentang “menejemen mutu pendidikan SMA 1 Aikmel”.
Melalui makalah ini diharapkan kita bisa
mendapatkan informasi kepada kita semua, khususnya yang menyusun
makalah ini agar dapat mengetahui bagaimana menghasilkan mutu dalam
pendidikan.
Saya
menyadari makalah ini sangat jauh dari kata sempurna.
Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun selalu saya
harapkan untuk kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, saya
ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penulisan makalah ini. Semoga Allah SWT selalu meridhoi segala
usaha yang kita lakukan.
Rabu,09 Desember 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR i
DAFTAR
ISI ii
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang 1
1.2 Tujuan 2
1.3 Rumusan masalah 2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah seputar SMAN 1 Aikmel 3
2.2 Bagaimana pentuk pembelajaran di
SMAN 1 Aikmel 4
2.2.1 Input pendidikan 4
2.2.2 Proses pendidikan 6
2.2.3 Output pendidkan 6
BAB
III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN 8
3.2 SARAN 9
DAFTAR
PUSTAKA 10
LAMPIRAN
Daftar gambar 11
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Menurut
kamus besar Bahasa Indonesia , pendidikan adalah sebuah usaha manusia untuk
mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha
mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Pada hakikatnya
pendidikan adalah usaha manusia untuk memanusiakan manusia itu sendiri. Dalam
pendidikan terdapat 2 sujek pokok yang saling berintraksi. kedua subjek itu
adalah pendidik dan orang yang dididik. Objek-objek itu tidak harus selalu
manusia, tetapi dapat berupa media atau alat-alat pendidikan. Sehingga pada
pendidikan terjadi intraksi antar pendidik dan subjek didik guna mencapai
tujuan pendidikan yaitu menciptakan sumber daya manusia yang bermutu.
Pendidikan
merupakan kegiatan antar manusia oleh manusia dan untuk manusia, oleh karena
itu pendidikan tidak terlepas dari unsur manusia. Pendidikan sangat penting
dalam hidup seseorang, kita dididik oleh orang tua dari semenjak kita berada di
dalam kandungan hingga kita terlahir seperti ini. Pendidikan terdiri dari tiga
bagian yaitu pendidikan formal,non formal dan informal. Pendidikan informal
kita dapatkan dari keluaraga atau masyarakat
namun peran yang paling utaman adalah peran seorang ibu. Kemudian
pendidikan formal adalah segala bentuk
pendidikan atau pelatihan yang diberikan secara terorganisir dan berjenjang. contohnya
adalah pendidikan SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dalam
usaha meningkatkan kualitas sember daya pendidikan, peran guru sangatlah
penting karena guru berperan sebagai pengajar untuk siswa-siswinya agar bisa
mencapai tujuan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dan melahirkan lulusan yang
berkualitas.
Melalui ulasan di atas menulis tergugah untuk
menilai sebuah sekolah SMA di Lombok timur yang tujuannya agar kita tahu
bagaimana sebenarnya perkembangan sekolah yanga ada di Lombok timur. Pada
makalah ini, akan dibahas hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan formal
yang terselenggara di sebuah sekolah negeri di Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
yaitu SMAN 1 AIKMEL.
1.2
TUJUAN
1. Untuk
mengetahui sejarah seputar tentang SMAN 1 AIKMEL
2.
Untuk mengetahui bagaimana
pendidikan di SMAN 1 AIKMEL
1.3
RUMUSAN
MASALAH
2. Bagaimana
sejarah singkat SMA 1 AIKMEL?
3. Bagaimana
bentuk pendidikan di SMA 1 AIKMEL?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 SEJARAH SINGKAT SMA 1 AIKMEL
SMAN
1 Aikmel telah beroprasi sejak tahun
1985, berbagai kegiatan serta aktivitas telah dilakukan, hingga tahun demi
tahun mengalami perubahan.dan kini SMA I Aikmel telah menjadi sekolah pavorit di Lombok Timur.berbagai prestasi telah di
raik dari tingkat kecamatan,kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.
Pemerintah telah menetapkan sekolah tersebut menjadi RSSN. Dengan ditetapkan
sekolah tersebut menjadi RSSN,berbagai pola kegiatan ditubah mulai dari proses
KBM sampai kegiatan eksrtra.
SMAN
1 Aikmel merupakan salah satu SMA Negeri
tertua di Lombok Timur yang memulai penyelenggaran proses belajar mengajarnya
sejak tahun 1985. Dalam perjalanan sebagai institusi pendidikan berbagai
prestasi baik akademik maupun non akademik telah di raih. Hingga saat ini telah
meluluskan alumninya dan berhasil menembus berbagai perguruan tinggi terkenal
di Indonesia seperti ITB, ITS, UI,UGM, UNRAM, UNIBRAW,UNY, UM dan lainnya,
bahkan tercatatt beberapa siswa lulusan
SMAN 1 Aikmel melanjutkan di
Universitas di luar negeri.
Pada
tahunpelajaran 2011/2012, kembali SMAN 1 Aikmel
mengukur prestasi dengan banyaknya lulusan yang diterima di perguruan
tinggi melalui jalur SNMPTN undangan yang menggunakan nilai rapor sebaagai
syarat. diantaranya 8 orang di universitas, 2 orang di universitas Brawijaya, 1
orang di universitas Hasanuddin, 1 orang di universitas Negeri Yogyakarta dan 2
orang di Universitas Mataram, dan 2 orang di universitas Negeri Semarang.
Selain
melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum Tingkat satuan pendidikan, SMAN
1 Aikmel sangat peduli dengan nilai
pendidikan karakter sehingga siswa diberikan pembelajaran Al-Qur’an 2 jam
pembelajaran perminggu. Selain itu untuk memenuhi kompetensi dan persiapan
kompetensi di tingkat pendidikan lebih lanjut dilaksanakan les berbagai mata pembelajaran
mulai pukul 14.30-17.15 wita setiap hari senin hingga kamis.
2.2 BENTUK PEMBELAJARAN DI SMAN 1
AIKMEL
SMAN 1 AIKMEL
merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah SMA negeri di Lombok timur,
SMAN 1 Aikmel termasuk dalam kategori SMA paporit di Lombok karena
prestasi-prestasi yang telah di capai. Prestasi yang telah dicapai tentunya
tidak terlepas karena peran guru dan semangat pelajar dalam mengikuti
pembelajaran selama di sekolah, peran guru sangat penting bagi kemajuan
pendidikan karena guru sebagai seorang pendidik bagi pelajar, seorang guru yang
menentukan apakah kedepannya akan melahirkan lulusan yang bermutu atau tidak.
Namun keikutsertaan pelajar juga tidak kalah penting, walaupun peran pendidikan
sangat professional dan berkualitas namun jika yang dididik tidak ikut serta
dan penuh semangat dalam mengikuti pembelajaran di sekolah tentunya kedepannya
tidak bisa menciptakan lulusan yang berkualitas seperti yang di harapkan. Jadi
peran serta antara guru dan pelajar sangatlah penting karena ini sudah menjadi
satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
Bagi seorang pelajar, sekolah adalah
sarana untuk belajar dan didalamnya terdapat sistem yang terdiri dari
input>>proses>>output.oleh karena itu sekolah memiliki peran
penting untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang baik agar
siswa dapat dengan efektif mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya.
2.2.1
INPUT PENDIDIKAN
Input
pendidikan berkaitan erat dengan sumber daya manusia meliputi kepala sekolah,
guru, karyawan dan siswa. kepala sekolah menjadi pemimpin dalam sekolah haruslah cakap dalam memimpin
bawahannya. seperti halnya kepala sekolah di SMA 1 Aikmel yaitu H.Budi Mulyana
dalam menjalankan perannya sebagai kepala menjalankan kemitraannya berhubungan baik
dengan semua warga sekolah tidak terkecuali staf bersih-bersih sekolah bahkan
ibu kantin sekalipun. beliau orang yang ramah sehingga anggota sekolah sangat
mencintainya.
Guru selaku pengajar memiliki kemampuan
mengajar yang berkualitas karena guru-guru di SMA 1 Aikmel merupakan pengajar
yang telah berpengalaman. walaupun SMA 1 Aikmel merupakan sekolah negeri tetapi
masalah keagamaan juga di utamakan.hal ini bisa kita lihat Setiap hari jum’at
pagi diadakan solat duha bersama di mushalla yang ada di sekolah.bukan hanya
itu saja namun solat jamaah dzuhur asar juga diterapkan. kemudian jika dilihat
dari segi mata pelajaran,juga terdapat mata pelajaran al-qur’an yang tujuan
pembelajaran ini agar siswa mengetahui dan memahami isi kandungan yang ada di
dalam alqur’an guna mengarahkan siswa menjadi siswa yang tidak hanya menguasai
pendidikan dunia namun juga memahami masalah keagamaan.
Input
pendidikan juga berkaitan dengan penetapan visi dan misi sekolah. Adapun visi
dan misi yang ada di SMAN 1 AIKMEL.
Visi
Mewujudkan Sumber Daya
Manusia yang berakhlak mulia yang mampu bersaing secara global
Misi
1. Menciptakan
suasana yang kondusif untuk mengembangkan potensi siswa melalui penekanan pada
penguasaan kompetensi dan teknologi serta bahasa inggris
2. Meningkatkan
penguasaan bahasa inggris sebagai alat komunikasi dan sebagai alat untuk
mempelajari pengetahuan yang lebih luas
3. Meningkatkan
frekuensii dan kualitas kegiatan siswa yang lebih menekankan pada pengetahuan
ilmu pengetahuan dan teknologi serta
keimanan dan ketakwaan yang menunjang proses belajart mengajar dan
menumbuhkembangkan disipin pribadi siswa
4. Menumbuhkembangkan
nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dan
mengintegrasikannya dalam kehidupan.
5. Menerapkan menejemen partisipasif dengan melibatkan
seluruh warga sekolah, lembaga swadaya masyarakat, stakeholders dan intestansi
serta institusi pendukung pendidikan lainnya.
Tujuan
· Tahun
2008 siswa memiliki kompetensi konsep
untuk seluruh mata pelajaran secara komprehensif dan benar sehingga mampu
berkompetensi di tingkat nasional
· Tahun
2008 siswa mampu menggunakan bahasa inggris sebagai komunikasi untuk
mendapatkan penegtahuan yang lebih luas
· Tahun
2008 siswa mampu membangun kebiasaan yang aktif untuik mencari informasi
menggunakan teknologi informasi
· Tahun
2008 sekolah memiliki sarana dan prasarana penunjang PMB yang lengkap
· Tahun
2008 sekolah memiliki guru dan tenaga pendukung yang menunjang seluruh
menejemen sekolah
· Sekolah
memiliki hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh warga sekolah,stakeholdes
dan instansi dan instansi pendukung pendidikan lainnya.
· Siswa
memiliki,mengaplikasikan dan meningkatkan nilai-nilai kehidupan yang bersifat
universal dalam kehidupan.
2.2.2 PROSES PENDIDIKAN
Proses pendidikan akan dikatakan memiliki mutu yang tinggi
apabila pengkoordinasian dan penyerasian serta pemaduan input(guru, siswa, kurikulum,
uang, peralatan, dan lain-lain)dilakukan secara haronis sehingga mampu
menciptakan situasi pembelajara yang menyenagkan,mampu mendorong motivasi dan
minat belajar,dan benar-benar mampu memberdayakan peserta didik.
Proses
pembelajaran di SMAN 1 Aikmel dimulai pada pukul 07.30 wita,namun sebelum
proses pembelajar di mulai sekolah menerapkan aturan membaca al-Qur’an selama
30 menit sebelum pembelajaran dimulai,dan itu semua ruti diadakan setiap
harinya. Kemudian dari segi pembelajarannya,SMAN 1 Aikmel melaksanakan
pembelajaran berdasarkan kurikulum Tingkat satuan pendidikan, SMAN 1 Aikmel sangat peduli dengan nilai pendidikan
karakter sehingga siswa diberikan pembelajaran Al-Qur’an 2 jam pembelajaran
perminggu. Selain itu untuk memenuhi kompetensi dan persiapan kompetensi di
tingkat pendidikan lebih lanjut dilaksanakan les berbagai mata pembelajaran
mulai pukul 14.30-17.15 wita setiap hari senin hingga kamis.
2.2.3
OUTPUT PENDIDIKAN
Output
sekolah adalah kinerja sekolah .sedangkan kinerja sekolah itu sendiri adalah
prestasi sekolah yang dihasilkan dari proses atau prilaku sekolah.kinerja
sekolah dapat diukur dari kualiatasnya,
efesisensinya, inovasinya,kualitas kehidupan kerjanya,dan moral kerjanya.
Output
sekolah dapat dikatakan berkualiatas dan bermutu tinggi apabila prestasi
pencapaian siswa menunjukkan pencapaian yang tinggi dalam bidang:
· Prestasi
akademik berupa nilai ujian semester,ujian nasional,karya ilmiah dan lomba
akademik.
Dari pernyataan diatas SMAN 1 Aikmel
sudah termasuk dalam lingkup tersebut, ini dibuktikan dengan nilai ujian
nasional SMAN 1 Aikmel tiap tahun yang konsisten berada dalam urutan 1 ,2, 3
seLombok timur. Begitu juga dengan lomba karya ilmiah yang sering mendapat
juara 1, 2, 3.dan keunggulan yang terpenting SMAN 1 Aikmel dalam olimpiade
telah mendapatkan prestasi dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga
tingkat nasional.
Dalam perjalanan sebagai institusi
pendidikan berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik telah di raih.
Hingga saat ini telah meluluskan alumninya dan berhasil menembus berbagai
perguruan tinggi terkenal di Indonesia seperti ITB, ITS, UI,UGM, UNRAM,
UNIBRAW,UNY, UM dan lainnya, bahkan tercatatt beberapa siswa lulusan SMAN 1 Aikmel
melanjutkan di Universitas di luar negeri.
· Prestasi
non akademik, berupa kualitas iman dan
takwa, kejujuran, kesopanan, olahraga, kesenian, keterampilan, dan kegiatan ekstrakulikuler
lainnya.
Dari pernyataan diatas SMAN 1 Aikmel sudah termasuk dalam lingkup
tersebut, SMAN 1 Aikmel sering mendapat prestasi prestasi dalam bidang olahraga
seperti Basket, footsall, dan volyball. pada bidang seni juga tidak kalah dalam
prestasinya seperti pada perlombaan menyanyi, tarian, band antar sekolahan.
BAB III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
SMAN 1 AIKMEL merupakan salah satu dari
sekian banyak sekolah SMA negeri di Lombok timur, SMAN 1 Aikmel termasuk dalam
kategori SMA paporit di Lombok karena prestasi-prestasi yang telah banyak
prestasi yang telahdi capai. Prestasi yang telah dicapai tentunya tidak
terlepas karena peran guru dan semangat pelajar dalam mengikuti pembelajaran
selama di sekolah. Dalam perjalanan sebagai institusi pendidikan berbagai
prestasi baik akademik maupun non akademik telah di raih. Hingga saat ini telah
meluluskan alumninya dan berhasil menembus berbagai perguruan tinggi terkenal
di Indonesia seperti ITB, ITS, UI, UGM, UNRAM, UNIBRAW, UNY, UM dan lainnya,
bahkan tercatatt beberapa siswa lulusan
SMAN 1 Aikmel melanjutkan di
Universitas di luar negeri.
Bagi seorang pelajar, sekolah adalah
sarana untuk belajar dan didalamnya terdapat sistem yang terdiri dari
input>>proses>>output.oleh karena itu sekolah memiliki peran
penting untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang baik agar
siswa dapat dengan efektif mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya.
1. Input
pendidikan berkaitan erat dengan sumber daya manusia meliputi kepala sekolah,
guru, karyawan dan siswa.
2. Proses
pendidikan akan dikatakan memiliki mutu yang tinggi apabila pengkoordinasian
dan penyerasian serta pemaduan input(guru, siswa, kurikulum, uang, peralatan,
dan lain-lain)dilakukan secara haronis sehingga mampu menciptakan situasi
pembelajara yang menyenagkan,mampu mendorong motivasi dan minat belajar,dan
benar-benar mampu memberdayakan peserta didik.
3. Output sekolah dapat dikatakan berkualiatas
dan bermutu tinggi apabila prestasi pencapaian siswa menunjukkan pencapaian
yang tinggi dalam bidang:
· Prestasi akademik berupa nilai ujian
semester,ujian nasional,karya ilmiah dan lomba akademik.
· Prestasi
non akademik, berupa kualitas iman dan
takwa, kejujuran, kesopanan, olahraga, kesenian, keterampilan, dan kegiatan
ekstrakulikuler lainnya.
3.2
SARAN
Saya menyadari dalam penyusunan
makalah ini masih banyak terdapat kekurangan, namun semoga dengan membaca
makalah ini, pembaca dapat mengetahui seperti apa pendidikan yang di terapakan
di SMAN 1 aikmel dan juga dapat mengambil manfaatnya. Semoga kita menjadi orang
yang memiliki mutu pendidikan yang berkualitas agar dapat mengembangkan bangsa
kita agar lebih maju dan berkembang.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR GAMBAR
Suasana
Membaca Al-Qura’an sebelum memulai pelaksanaan pembelajaran
Saat
pelaksanaan Imtaq hari Jum’at
tampak depan mushalla SMAN 1 Aikmel
juara 2 olompiade matematika
Olimpiade
Kimia di Universitas Mataram
turnamen basket antar sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar