Selasa, 04 Oktober 2016

PT Sepatu BataTbk


PT SEPATU BATA Tbk


LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
PT Sepatu Bata Tbk adalah Perusahaan asosiasi dari Bata Shoes Organization. Perusahaan memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded. Merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Profil singkat perusahaan:
·      Tahun 1931, didirikan di Indonesian sebagai importer sepatu
·      Tahun 1940, memulai produksi di pabrik Kalibata di Jakarta
·     Tahun 1982, tercatat di Bursa Efek Jakarta ( sekarang Bursa Efek Indonesia) pada tangga 24 Maret
·      Tahun 1994, menyelesaikan pembangunan pabrik Purwakarta
·      Tahun 2004, memperoleh lisensi untuk importer dan distributor umum
·      Tahun 2008,  menjual pabrik Kalibata dan memindahkan kegiatan produksi ke Pabrik Purwakarta
·  Tahun 2008, memindahkan kantor administrasi dan pemasaran ke Graha Bata, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
·  Tahun 2009, membuka toko Bata terbesar dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Indonesia
·    Tahun 2010, membuka kios berkonsep baru dengan merek PataPata
Bata memperkuat posisinya sebagai pemipin di toko retail yang menyediakan produk alas kaki untuk semua masyarakat Indonesia dengan penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
Industry alas kaki sepatu bata terbentuk dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, dengan mengkombinasikan dengan bahan baku material, teknologi terkini, juga pemahaman terbaru kedalam biomekanik untuk kemudian secara berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan. Agar tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salahsatu yang tetap harus diperthankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry alas kaki dan juga kepada standar industry sejenis.

VISI
Memperkuat posisi Bata sebagai pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang.

MISI
Sukses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis, fleksible, dan mengerti kondisi pasar alas kaki sebagai bisnis utamanya.

TUJUAN
Menjadi pemimpin pasar dalam bisnis alas kaki dengan volume penjualan nomor satu dengan menyediakan dan mengembangkan sistem informasi yang didukung oleh teknologi dan inovasi mutahir untuk kebutuhan perusahaan dan konsumen

SASARAN
 ⦁ Mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru
 ⦁ Terus menjadikan Bata sebagai pemimpin bisnis alas kaki yang terpercaya
 ⦁ Produk Bata hadir lebih di 50 negara dan memiliki fasilitas produk di 26 negara
 ⦁ Memproduksi 7 juta pasang alas kaki setiap tahun
 ⦁ Memiliki 400 model sepatu, sepatu sandal, dari kulit, karet dan plastic

Analisis Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran dengan karakter SMART

SIMPLE:
Perusahaan ini memiliki tujuan yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua anggotaorganisasi. Ini dapat dilihat dari pencapaiannya yang dapat menghadirkan produk Bata yang dapat di pasarkan lebih 50 negara. Hal ini tentunya dikarenakan anggota organisasi mengetahui dan memahami visi, misi, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pada masa sekarang dan masa mendatang.

MEASURABLE:
Perusahaan ini cukup baik dalam memotivasi karyawannya, karena terdapat penjabarkan dalam visi yang mengungkapkan pencapaiannya yaitu meningkatan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang, dalam hal ini tentunya dapat memotivasi karyawan untuk lebih meningkatkan nilai perusahaan dimata customer sehingga dengan demikian bisa menjadi pimpinan bisnis alas kaki di Indonesia dan tentunya para investor tertarik untuk menanamkan sahamnya pada perusahaan Bata. 

APLIKABLE:
Perusahaan ini mampu memberikan gambaran tentang masa depan perusahaan, yang tentunya memberikan semangat pada customer, stakeholder, dan pegawai dalam pencapaiannya untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia.

RELIABLE:
Produk yang dipasarkan memilki beragam produk alas kaki yang meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded. 
Disamping itu juga Bata telah meluncurkan merek utama produknya, diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner. Dengan diperkenalkannya beberapa merek yang dimilki perusahaan tentunya customer lebih cepat mengenal produk miliki Bata ini, dengan demikian akan mempermudah pencapaian Bata untuk menjadi pemimpin di dunia bisnis alas kaki.

TIMEABLE:
Dalam pencapaian Visi dan misi tenggang waktu yang dibutuhkan dalam jangka waktu dekat, ini dapat dilihat salahsatunya yaitu pada tahun Tahun 2009, membuka toko Bata terbesar dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Indonesia sementara pada Tahun 2010, membuka kios berkonsep baru dengan merek PataPata.

Setelah menganalisis Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran PT Sepatu Bata melalui analisis SMART, Saya menyarankan kepada perusahaan untuk merevisi Visi dan Misi nya, yang tentunya hal ini agar sesuai dengan kaidah Visi dan Misi yang sesuai dengan karakter smart.

VISI 
Menjadi pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang.

MISI
 ⦁ Suskses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis dan fleksible serta  mengerti kondisi pasar         alas kaki
 ⦁ Meningkatkan pelayanan dan kualitas produk untuk kepuasan pelanggan.
 ⦁ Menggunakan teknologi terbaik serta memberikan kontribusi positif kepada Lingkungan sekitar,          baik manusia maupun alam.

ANALISIS SWOT
STRENGTH
 a. Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
 b. Produk Bata memilki kualitas tinggi, awet, dan tahan lama
 c. Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
 d.  Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
 e. Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan keterampilan
 f. Saluran distribusi luas
 g. Memiliki teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang sehingga             mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki

 WEAKNESSES
 a. Mesin produksi yang hargannya tinggi
 b. Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan                akibat mengejar target produksi
 c. Produk Bata tidak mengikuti perubahan lifestyle yang ada di Indonesia
 d. Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat

 OPPORTUNITIES
a.Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
b. Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
c. Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk mendesain ataupun        menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien      dan hemat biaya.
d. Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari
e. Informasi antara pemasok dan perusahaan lancar

 THREATS
a. Perubahan  teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry
b. Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap      industry fashion
c. Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
d. Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang            lebih mengutamakan fashion
e. Selera masyarakat yang cendrung memilih sepatu sandal untuk fashion, bertentangan dengan ciri        Sepatu Bata yang lebih mementingkan keawetan produk.

ANALISIS KOMPETENSI ( DAYA SAING  PT Sepatu Bata Tbk )
Sumber daya yang dimiliki :
1. Sumber Daya Berwujud
    a. Memiliki banyak cabang store
    b. Memiliki pabrik tempat memproduksi alas kaki
    c. memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu          santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded.
    d. Bahan produk berkualitas dan tahan lama
    e. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
    f. Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Indonesia
    g. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
2. Tak berwujud
    a. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari          North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
    b. Adanya etos kerja yang baik, tanggung jawab pada masing-masing entitas


Kemampuan
 a. Memiliki banyak cabang store
 b. Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Indonesia
 c. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
 d. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
 e.  Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari          North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
 f. memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-              masing

Kemampuan inti
 a. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari           North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
 b. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
 c. memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-              masing
 d. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.

Keunggulan bersaing yang berkesinambungan 
PT Sepatu Bata ini telah mendesain penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern. Bukan hanya gerai dan desain toko yang terlihat modern, akan tetapi sebanding dengan produk bata yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Daya Saing
Dengan adanya merek berlisensi perusahaan pada PT Sepatu bata ini akan meningkatkan nilai lebih pada perusahaan ini, dan yang terpenting ada beberapa poin yang menjadi titik penekakan pada produk alas kaki yang dihasilkan yaitu menekankan pada sisi kekuatan dan kualitas produk yang baik (keawetan dan tahan lama) pada produk alas kaki. Begitupula pada manajemen pendesainan gerai dengan yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern,pada pendesainan gerai dan toko ini menjadiciri khas tersendiri yang hanya dimiliki oleh perusahaan. 
Dengan memiliki outlet yang banyak dan saluran distribusi yang tersebar di Indonesia, ini akan mengarah pada semakin dikenalnya produk alas kaki dan dapat menguatkan branding milik PT Sepatu Bata.


KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE STENGTH
Faktor Internal
Strength
Produksi
Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
Struktur Organisai
Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
SDM
Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan keterampilan
Distribusi
Saluran distribusi luas
Teknologi
Memiliki teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang sehingga mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki


Kuisioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan ( Strength )
Faktor Strategi
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
3
0,18
3
0,54
Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
2
0,13
3
0.39
Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
2
0,13
3
0,39
Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan keterampilan
2
0,13
3
0,39
Saluran distribusi luas
4
0,25
4
1
Memiliki teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang sehingga mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki
3
0,18
3
0,54
Total
16
1
19
3,25
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit penting                 
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating Kekuatan :
1 = Sedikit kuat
2 = Agak kuat
3 = kuat
4 = Sangat kuat


KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE WEAKNESS
Faktor Internal
Weakness
Produksi
Mesin produksi yang hargannya tinggi
Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar target produk
Produk Bata tidak mengikuti perubahan lifestyle yang ada di Indonesia
SDM
Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat

Kuisioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan ( Weakness )
Factor Strategi
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Mesin produksi yang hargannya tinggi
3
0,27
-3
-0,81
Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar target produk
3
0,27
-2
-0,54
Produk Bata tidak mengikuti perubahan lifestyle yang ada di Indonesia
3
0,27
-4
-1,08
Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat
2
0,18
-2
0,36
Total
11
0,99
11
2,79
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit penting                 
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating Kelemahan :
-1 = Sedikit kuat
-2 = Agak kuat
-3 = kuat
-4 = Sangat kuat

      Total SkorTabel IFAS    = Total Skor Kekuatan + Total Skor Kelemahan
= 3,25 + (-2,79)
= 0,46

Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Opportunity Profil (ETOP) Opportunity
Factor –Faktor Eksternal
Opportunity
Politik
Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
Teknologi
Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk mendesain ataupun menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien dan hemat biaya.
Social kultur
Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari

Kuisioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui peluang ( opportunity)
Factor Strategi
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
3
0,25
4
1
Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
3
0,25
3
0,75
Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk mendesain ataupun menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien dan hemat biaya.
3
0,25
3
0,75
Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari
3
0,25
3
0,75
Total
12
1
13
3,25
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit penting                 
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating peluang :
+1 = Sedikit kuat
+2 = Agak kuat
+3 = kuat
+4 = Sangat kuat


Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Opportunity Profil (ETOP) Threat
Faktor –Faktor Eksternal
Threat
Teknologi
Perubahan  teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry
Ekonomi
Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negatif terhadap industrifashion
Supplier
Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
Pesaing
Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion

Kuisioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui ancaman ( Threat)
Factor strategi
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Perubahan  teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry
3
0,21
-3
-0,63
Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap industry fashion
3
0,21
-3
-0,63
Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
4
0,29
-3
-0,87
Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brand baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
4
0,29
-4
-1,16
Total
14
1
-15
-3,29
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit penting                 
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating ancaman :
-1 = Sedikit kuat
-2 = Agak kuat
-3 = kuat
-4 = Sangat kuat

      Total SkorTabel EFAS = Total Skor peluang + Total Skor ancaman
         =  3,25 + (-3,29)
         =  - 0,04

Diagram SWOT


Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran II  namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini:

Kuadran
Posisi Titik
Luas Matrik
Rangking
Prioritas Strategi
I ( SO )
3,25; 3,25
10,56
2
Growth
II (ST )
3,25; 3,29
10,69
1
Kombinasi
III ( WO )
2,79; 3,25
9,07
4
Stabilitas
IV ( WT )
2,79; 3,29
9,18
3
Penciutan
   Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
   Pada kuadran II ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang
   Pada kuadran III ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
   Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.



VARIASI STRATEGI
Strategi manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran 1
Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Pengembangan Produk ( product Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada. Adapun strategi yang digunakan, sebagai berikut:
a.    Peluncuran produk Baru dengan 3 tipe produk yang terdiri dari Injected Plastic, cemented Closed/ Sandal dan DIP (Direct Injection proces)
b.    Dibandingkan dengan produk pesaing, 3 tipe produk yang terdiri dari Injected Plastic, cemented Closed/ Sandal dab DIP (Direct Injection proces) dirancang agar konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, kuat dan tahan lama, karena bahan dasar yang digunakan adalah karet atau kulit yang ringan sehingga nyaman ketika digunakan.
c.    Bata mampu bersaing di industri alas kaki yang sedang berkembang seperti persaingan dengan carvil ardiles dan perusahaan alas kaki lainnya.

Kaitannya dengan kuadran I ( SO Strategi )
Produsen lain belum memikirkan bagaimana menekankan produk pada titik kualitas yang lebih diutamakan dari pada hanya sekedar mementingkan model atau fashion yang hanya bisa bermanfaat pada masanya saja. Bata menjadi pelopor sepatu terpercaya yang memilki kualitas tinggi sehingga distribusi produknya bukan hanya di Indonesia namun terdistribusi ke beberapa negara.

Strategi manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran II
Pada kuadran II ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Diversifikasi konsentrik
Menambah produk-produk baru yang saling berhubungan untuk pasar yang sama.
Adapun Strategi yang digunakan yaitu :
a.    Produk baru yang diluncurkan yaitu sepatu casual untuk anak remaja dengan memilki harga yang lebih kompetitif namun tidak menurunkan dari sisi kualitas yang diberikan kepada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan.
b.    Produk yang dimiliki Bata, seperti sepatu sekolah memiliki tingkat penjualan musiman, yaitu biasanya penjualan sepatu meningkat ketika musim kenaikan kelas, sehingga dengan keadaan sepeti ini dapat menutup kerugian pada saat produk yang ada memasuki musim penurunan.
Kaitannya dengan kuadran II (ST Strategi )
Sepatu sekolah yang cendrung memiliki tingkat penjualan musiman, yaitu biasanya penjualan sepatu meningkat ketika musim kenaikan kelas, sehingga dengan keadaan sepeti ini dapat menutup kerugian pada saat produk yang ada memasuki musim penurunan. Kemudian  produk baru yang ditawarkan  Bata yang harganya cendrung lebih kompetitif namun tidak menurunkan sisi kualitas produk yang dimilki memerikan kepuasan kepada konsumen dan pada akhirnya meningkatkan jumlah penjualan.

Strategi manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran III
Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Pengembangan produk (product development)
Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada. Adapun strategi yang digunakan, sebagai berikut:
a.    Peluncuran produk Baru  dengan 3 tipe produk seperti Injected Plastic, cemented Closed/ Sandal dan DIP (Direct Injection proces)
b.    Dibandingkan dengan produk pesaing, ketiga tipe produk baru tersebut dirancang agar konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, kuat dan tahan lama, karena bahan dasar yang digunakan adalah karet atau kulit yang ringan sehingga nyaman ketika digunakan.
Kaitannya dengan kuadran II (ST Strategi )
Bata tidak kalah saing dengan kompetitor lain yang terus meluncurkan produk baru, stategi yang diterapkan Bata yaitu mengembangkan produk dengan mengeluarkan produk baru yang dimilki. dirancang agar konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, kuat dan tahan lama, karena bahan dasar yang digunakan adalah karet atau kulit yang ringan sehingga nyaman ketika digunakan.

Strategi manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran IV
Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Diversifikasi konglomerat ( conglomerate diversification )
Menambah produk-produk baru yang tidak saling berhubungan untuk pasar yang berbeda.
Strategi yang digunakan yaitu:
a.    Menambah produk baru dengan mengembangkan ide-ide baru, begitu pula pada pemberian desain toko yang lebih furniture dan menarik agar konsumen lebih nyaman ketika berada di dalam toko.
b.    Bata mempunyai modal dan kemampuan manajemen yang tinggi, yang tentunya sangat  dibutuhkan dalam bersaing di industri baru alas kaki.
Kaitannya dengan kuadran IV(WT Strategi )
Menambah produk baru yang menjadi perkembangkan ide-ide produk baru seperti Injected Plastic, cemented Closed/ Sandal dan DIP (Direct Injection proces. Dilain sisi pemberian desain toko yang lebih furniture dan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen agar lebih nyaman ketika berada di dalam toko. Disamping itu juga permodalan dan kemampuan mananjemen Bata cukup tinggi.




ANALISIS STRATEGI BISNIS UNIT SESUAI VALUE CHAIN BERBASIA ANGGARAN
STRATEGI BISNIS UNIT
a.    kualitas tinggi, awet dan tahan lama sesuai dengan keinginan konsumen.
b.    Strategi bisnis unit menciptakan diferensiasi melalui kualitas produk yang tinggi, awet dan tahan lama.
c.    Strategi ini digunakan karena perusahaan memilki:
    1. Keterampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan:
       aJaringan Distribusi penyebaran produk yang telah tersebar dibeberapa negara
       b.  Mampu memproduksi alas kaki yang berkualitas, kuat, dan tahan lama
       c. Pembagian divisi kerja yang jelas
   2. Persyaratan Organisasi Umum
        a.  koordinasi yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan  produk, dan                   pemasaran
        b.  Pengukuran dan insentif yang subyektif.
        c. Perekrutan karyawan yang berkompeten dan kreatif di bidang masing-masing
        d. Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai              dengan permintaan para pelanggan. 

VALUE CHAIN DIFFERENSIASI
Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dg permintaan para pelanggan. Ada empat tahap :
1.    Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
     a.  Tingkat kepentingan dari tiap aktivitas yang berbeda
     b. Keterpisahan dari aktivitas yang berbeda.
     c.  Dibuat rantai nilai yang terpisah untuk setiap kelompok pelanggan. 
2.    Identifikasi faktor penentu diferensiasi 
     Dengan menggunakan bahan kulit asli dan bahan-bahan yang berkualitas memberikan kenyaman kepada konsumen ketika menggunakan produk Bata. Salah satu contoh produk Bata yaitu sepatu kantor, karena bahan dasar yang digunakan untuk memproduksi sepatu berbahan dasar kulit asli yang ringan dan lembut mengakibatkan kenyamanan ketika digunakan yaitu terasa ringan  dan tidak panas ketika digunakan.
3.    Pilih dan tentukan faktor-faktor kunci 
a.  Saluran distribusi produk Bata telah dikenal secara meluas
b. Bahan berkualitas,awet dan tahan lama
4.    Tempatkan keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan pelanggan.
menciptakan nilai bagi pelanggan meliputi :
a.  Menurunkan biaya
Bata telah memberikan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, akan tetapi tidak menurunkan kualitas yang diberikan
b. Memberi produk diferensiasi pada aktivitas pelanggan
          Bata melncurkan Produk sepatu yang tahan air dan tidak mudah rusak

ANGGARAN PRODUKSI
     Dalam penganggaran Produksi pada PT Sepatu Bata ini saya ambil contoh mengenai anggaran produksi pada Sepatu kulit untuk sepatu kantoran. berikut anggaran yang berkaitan dengan anggaran produksinya:
1.    Anggaran Penjualan
     dengan asumsi PT sepatu bata menganggarkan harga jual per sepatu sebesar Rp. 70.000 sementara anggaran total jumlah sepatu yang terjual pertahun sebesar 5.100 unit
Laporan 1
PT SEPATU BATA tbk
Anggaran Penjualan
untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

Kuartal
Tahun
1
2
3
4
    Unit
1,200
1,250
1,300
1,350
5,100
    Harga Jual per Unit
Rp 70,000
Rp   70,000
Rp 70,000
Rp 70,000
Rp 70,000
    Anggaran Penjualan
Rp 84,000,000
Rp 87,500,000
Rp 91,000,000
Rp 94,500,000
Rp 357,000,000

2. Anggaran Produksi
    Persediaan akhir yang diinginkan perusahaan sebesar 130 unit sepatu kul
Laporan 2
PT SEPATU BATA tbk
Anggaran Produksi
untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

Kuartal
Tahun
1
2
3
4
     Penjualan
1,200
1,250
1,300
1,350
5,100
     Persediaan akhir yang diinginkan
100
110
120
130
130
     Jumlah kebutuhan
1,300
1,360
1,420
1,480
5,230
     Dikurangi: Persediaan awal
130
200
210
220
130
     Unit yang diproduksi
1,170
1,160
1,210
1,260
5,100

3. Anggaran pembelian bahan baku langsung
Laporan 3
PT SEPATU BATA tbk
Anggaran Pembelian Bahan Baku Langsung
untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

Kuartal
Tahun
1
2
3
4
    Kulit





    Unit yang diproduksi
1,170
1,160
1,210
1,260
5,100
    Bahan baku langsung per unit
2
2
2
2
2
    Kebutuhan produksi
2,340
2,320
2,420
2,520
10,200
    Persediaan akhir yang diinginkan
200
220
230
250
250
    Jumlah kebutuhan
2,540
2,540
2,650
2,770
10,450
    Dikurangi: Persediaan awal
250
200
220
230
250
    Bahan baku langsung yang dibeli
2,290
2,340
2,430
2,540
10,200
    Biaya per kulit
Rp 20,000
Rp 20,000
Rp 20,000
Rp 20,000
Rp 20,000
    Jumlah biaya pembelian kulit  
    Rp45,800,000
  Rp 46,800,000
   Rp 48,600,000
   Rp50,800,000
   Rp 204,000,000






    Alas Sepatu





    Unit yang diproduksi
1,170
1,160
1,210
1,260
5,100
    Bahan baku langsung per unit
3
3
3
3
3
    Kebutuhan produksi
3,510
3,480
3,630
3,780
15,300
    Persediaan akhir yang diinginkan
300
325
340
380
380
    Jumlah kebutuhan
3,810
3,805
3,970
4,160
15,680
    Dikurangi: Persediaan awal
380
385
370
375
380
    Bahan baku langsung yang dibeli
3,430
3,420
3,600
3,785
15,300
    Biaya per alas sepatu
Rp   10,000
Rp  10,000
Rp 10,000
Rp  10,000
Rp 10,000
    Jumlah biaya pembelian alas sepatu
   Rp34,300,000 
   Rp34,200,000
Rp   36,000,000
Rp37,850,000
   Rp153,000,000






    Jumlah biaya pembelian bahan baku





     Langsung
Rp 80,100,000
  Rp81,000,000
   Rp84,600,000 
    Rp 88,650,000
   Rp357,000,000

4. Anggaran tenaga kerja langsung
Laporan 4
PT SEPATU BATA tbk
Anggaran Tenaga Kerja Langsung
untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

Kuartal
Tahun
1
2
3
4
    Unit yang diproduksi
1,170
1,160
1,210
1,260
5,100
    Jam tenaga kerja langsung per unit (jam)
0.8
0.8
0.8
0.8
0.8
    Jumlah jam yang dibutuhkan
936
928
968
1,008
4,080
    Rata-rata upah per jam
 Rp14,000
  Rp14,000
  Rp14,000
Rp 14,000
Rp 14,000
    Jumlah biaya tenaga kerja langsung
Rp 
   13,104,000
Rp 12,992,000
Rp  
   13,552,000
 Rp
     14,112,000
    Rp  57,120,000
 
5. Anggaran Overhead
Laporan 5
PT SEPATU BATA tbk
Anggaran Overhead
untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

Kuartal
Tahun
1
2
3
4
    Jam tenaga kerja langsung yang





    Dianggarkan
576
576
576
576
4,080
    Tarif overhead variable
   Rp  7,000
Rp  7,000
Rp    7,000
Rp 7,000
Rp  7,000
    Overhead variabel yang dianggarkan
Rp  4,032,000
Rp 4,032,000
  Rp 4,032,000
   Rp 4,032,000
   Rp 28,560,000
    Overhead tetap yang dianggarkan
Rp  1,500,000
Rp 1,500,000
  Rp 1,500,000
   Rp 1,500,000
   Rp 6,000,000
    Jumlah overhead
Rp  5,532,000
Rp 5,532,000
  Rp 5,532,000
   Rp 5,532,000
    Rp 34,560,000

6. Anggaran persediaan barang jadi
Laporan 6
PT SEPATU BATA tbk
Anggaran Persediaan Akhir Barang Jadi
untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017
    Perhitungan biaya per unit:

       Bahan Baku Langsung (Rp. 20.000 + Rp. 10.000)   
          Rp         30,000
       Tenaga Kerja Langsung (0,8 jam @Rp. 14.000)
          Rp         11,200
      Overhead :


      Variabel (0,8 jam @ Rp. 7.000)
          Rp           5,600
      Tetap (0,8 jam @ Rp. 1.471)
          Rp           1,177
    Jumlah biaya per unit
          Rp         47,977 



PENYUSUNAN PROGRAM
PT sepatu Bata Tbk mulai membuat program mengenai peluncuran produk Baru yaitu sepatu casual untuk remaja dengan memilki harga yang lebih kompetitif namun tidak menurunkan dari sisi kualitas yang diberikan kepada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Peluncuran produk sepatu Casual ini didasarkan atas permintaan pasar. Adapun identifikasi produk yang diluncurkan yang meliputi cakupan yaitu memilki produk yang Lentur, Lembut , Ringan, Nyaman, dan Model masa kini. Kelima aspek ini sangat penting karena ketika konsumen menggunakan sepatu casual ini akan memberikan kenyamanan tersendiri ketika diguanakan.









3 komentar:

  1. PRIHAL :
    PENAWARAN KERJASAMA UNTUK KONSULTAN PENGURUSAN JAMINAN ASURANSI DAN BANK GARANSI BISA TANPA COLLATERAL/AGUNAN PROSES CEPAT,MUDAH DAN BIAYA KOMPETITIF LEBIH MURAH

    Yth Customer,
    Bapak/ Ibu
    Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan
    di
    Tempat

    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami Dari PT. MITRA KAUR PERMAI ,Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421, No Akte Pendirian 150 dan SIUP No 5027-01/1.824.271 Perusahaan kami Telah Resmi Ditunjuk Untuk Memasarkan Produk Bank Garansi & Surety Bond Bisa Tanpa Agunan (Non Collateral). Adapun Jaminan Bank garansi & Asuransi Yang kami Tawarkan Telah Diterima di instansi Pemerintah dan Swasta serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

    DAFTAR JAMINAN:

    Jaminan Penawaran (Bid Bond)
    Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
    Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)
    Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)
    Jaminan Pembayaran Akhir Tahun (SP2D)
    Jaminan Contractor ALL RISK (CAR)
    Jaminan Custom Bond
    Jaminan Property ALL RISK (PAR)
    Jaminan Erection ALL RISK (EAR)
    Jaminan Marine Hull Insurance (MH)
    Jaminan Cargo
    Jaminan Workman Compensation Liability (WCL)
    Jaminan Conprenshive General Liability (CGL)
    Jaminan Automobile Liabelity (AL)
    Jaminan Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)
    KMK (KREDIT MODAL KERJA)
    DAN ASURANSI UMUM LAINNYA

    Demikianlah perkenalan singkat dari kami, besar harapan kami untuk dapat berkerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu dan semoga ini langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa akan datang dan atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Adapun sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu berikut ini saya lampirkan proposal penawaran penerbitan surety bond (asuransi) dan bank guarantee (bank garansi). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Hormat Kami,
    PT. MITRA KAUR PERMAI

    ttd

    M.HUSEIN
    Telp (021) 4754 596
    Mobil 085736366719
    WhatsApp 085736366719

    Email: pt.mjs99@gmail.com
    Office:Jl.cipinang bunder jakarta timur

    BalasHapus
  2. STATUS PERUSAHAN DIBEACUKAI (JALUR HIJAU)
    Kepada Yth.Bapak/Ibu Perusahaan-
    Purchasing|Sales / HRD |CEO/ Marketing Import.Dept
    Di-
    Tempat.

    Dengan Hormat,
    Kami dari PT. PASESA MITRA NIAGA
    GENERAL TRADING & INTERNATIONAL IMPORT-EXPORT FREIGHT FORWADERS SUPPLIER Perusahaan Jasa di Kepabeanan yang Menangani Customs Clearance Import via Bandara Maupun Pelabuhan Seluruh Indonesia.

    Berikut kami kirimkan penawaran harga import borongan dengan UDARA, LAUT, dan FCL&LCL 20/40feet dengan data sebagai berikut:

    GUANG ZHOU
    - General Cargo Rp 5.500.000/m3 (LAUT)
    - Lartas Cargo Rp 6.000.000/m3 (LAUT)
    - Garment , Kosmetik, Textile , Chemical MSDS Rp 7.500.000,-/m3 (LAUT)
    - General Cargo Rp 200.000,-/KG (UDARA)
    - Lartas Cargo Rp 220.000,-/KG (UDARA)

    Syarat dan ketentuan :
    -Lama pengiriman shipment laut estimasi 3 minggu.
    -Minimum charges shipment laut 0.5 m3
    -Lama pengiriman shipment udara estimasi 7 hari.
    -Minimum charges shipment udara 5 kg.

    SINGAPORE
    - General Cargo Rp 9.000.000/m3 (LAUT)
    - Lartas Cargo Rp 9.500.000/m3 (LAUT)
    - Garment , Kosmetik, Textile , Chemical MSDS Rp 11.000.000,-/m3 (LAUT)

    Syarat dan ketentuan :
    -Lama pengiriman shipment laut estimasi 2 minggu.
    -Minimum charges shipment laut 0.5 m3
    Kami juga melayani shipment dari negara lain seperti HONGKONG,TAIWAN,KOREA,BANGKOK. 

    Demikianlah Perkenalan Ini Kami Sampaikan. Suatu Kebanggan Besar Bagi Kami Bila Dapat Berkerjasama Dengan Perusahaan Bapak/Ibu. Atas Perhatiannya dan Kepercayaan yg Kami Berikan, Kami Ucapakan Terima Kasih.

    Hormat Saya,
         DAFI
    Call Phone/WhatsApp: (+62) 812-1031-5195

    GD.IEC Building, Suite 105
    Jl.Jatinegara Barat No.116H (Terminal Kampung Melayu)Jakarta Timur 13320 Indonesia.Telp: (+62) 21-2101-8238 (Office) Email: mkhadafi.import@gmail.com

    BalasHapus
  3. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


    BalasHapus

Belajar Ikhlas