PT
SEPATU BATA Tbk
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
PT Sepatu Bata Tbk adalah Perusahaan
asosiasi dari Bata Shoes Organization. Perusahaan memproduksi beragam alas kaki
meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu
olahraga, dan sandal injection moulded. Merek berlisensi perusahaan, yang
menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North Star, Power,
Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Profil
singkat perusahaan:
· Tahun
1931, didirikan di Indonesian sebagai importer sepatu
· Tahun
1940, memulai produksi di pabrik Kalibata di Jakarta
· Tahun
1982, tercatat di Bursa Efek Jakarta ( sekarang Bursa Efek Indonesia) pada tangga
24 Maret
· Tahun
1994, menyelesaikan pembangunan pabrik Purwakarta
· Tahun
2004, memperoleh lisensi untuk importer dan distributor umum
· Tahun
2008, menjual pabrik Kalibata dan
memindahkan kegiatan produksi ke Pabrik Purwakarta
· Tahun
2008, memindahkan kantor administrasi dan pemasaran ke Graha Bata, Cilandak
Barat, Jakarta Selatan
· Tahun
2009, membuka toko Bata terbesar dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading,
Jakarta Utara, Indonesia
· Tahun
2010, membuka kios berkonsep baru dengan merek PataPata
Bata memperkuat posisinya sebagai
pemipin di toko retail yang menyediakan produk alas kaki untuk semua masyarakat
Indonesia dengan penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan
desain toko yang modern.
Industry alas kaki sepatu bata terbentuk
dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, dengan mengkombinasikan dengan bahan
baku material, teknologi terkini, juga pemahaman terbaru kedalam biomekanik
untuk kemudian secara berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan.
Agar tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti
perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salahsatu
yang tetap harus diperthankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan
harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT
Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry alas kaki dan
juga kepada standar industry sejenis.
VISI
Memperkuat posisi Bata sebagai pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang.
MISI
Sukses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis, fleksible, dan mengerti kondisi pasar alas kaki sebagai bisnis utamanya.
TUJUAN
Menjadi pemimpin pasar dalam bisnis alas kaki dengan volume penjualan nomor satu dengan menyediakan dan mengembangkan sistem informasi yang didukung oleh teknologi dan inovasi mutahir untuk kebutuhan perusahaan dan konsumen
SASARAN
⦁ Mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru
⦁ Terus menjadikan Bata sebagai pemimpin bisnis alas kaki yang terpercaya
⦁ Produk Bata hadir lebih di 50 negara dan memiliki fasilitas produk di 26 negara
⦁ Memproduksi 7 juta pasang alas kaki setiap tahun
⦁ Memiliki 400 model sepatu, sepatu sandal, dari kulit, karet dan plastic
Analisis Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran dengan karakter SMART
SIMPLE:
Perusahaan ini memiliki tujuan yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua anggotaorganisasi. Ini dapat dilihat dari pencapaiannya yang dapat menghadirkan produk Bata yang dapat di pasarkan lebih 50 negara. Hal ini tentunya dikarenakan anggota organisasi mengetahui dan memahami visi, misi, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pada masa sekarang dan masa mendatang.
MEASURABLE:
Perusahaan ini cukup baik dalam memotivasi karyawannya, karena terdapat penjabarkan dalam visi yang mengungkapkan pencapaiannya yaitu meningkatan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang, dalam hal ini tentunya dapat memotivasi karyawan untuk lebih meningkatkan nilai perusahaan dimata customer sehingga dengan demikian bisa menjadi pimpinan bisnis alas kaki di Indonesia dan tentunya para investor tertarik untuk menanamkan sahamnya pada perusahaan Bata.
APLIKABLE:
Perusahaan ini mampu memberikan gambaran tentang masa depan perusahaan, yang tentunya memberikan semangat pada customer, stakeholder, dan pegawai dalam pencapaiannya untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia.
RELIABLE:
Produk yang dipasarkan memilki beragam produk alas kaki yang meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded.
Disamping itu juga Bata telah meluncurkan merek utama produknya, diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner. Dengan diperkenalkannya beberapa merek yang dimilki perusahaan tentunya customer lebih cepat mengenal produk miliki Bata ini, dengan demikian akan mempermudah pencapaian Bata untuk menjadi pemimpin di dunia bisnis alas kaki.
TIMEABLE:
Dalam pencapaian Visi dan misi tenggang waktu yang dibutuhkan dalam jangka waktu dekat, ini dapat dilihat salahsatunya yaitu pada tahun Tahun 2009, membuka toko Bata terbesar dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Indonesia sementara pada Tahun 2010, membuka kios berkonsep baru dengan merek PataPata.
Setelah menganalisis Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran PT Sepatu Bata melalui analisis SMART, Saya menyarankan kepada perusahaan untuk merevisi Visi dan Misi nya, yang tentunya hal ini agar sesuai dengan kaidah Visi dan Misi yang sesuai dengan karakter smart.
VISI
Menjadi pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang.
MISI
⦁ Suskses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis dan fleksible serta mengerti kondisi pasar alas kaki
⦁ Meningkatkan pelayanan dan kualitas produk untuk kepuasan pelanggan.
⦁ Menggunakan teknologi terbaik serta memberikan kontribusi positif kepada Lingkungan sekitar, baik manusia maupun alam.
ANALISIS SWOT
STRENGTH
a. Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
b. Produk Bata memilki kualitas tinggi, awet, dan tahan lama
c. Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
d. Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
e. Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan keterampilan
f. Saluran distribusi luas
g. Memiliki teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang sehingga mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki
WEAKNESSES
a. Mesin produksi yang hargannya tinggi
b. Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar target produksi
c. Produk Bata tidak mengikuti perubahan lifestyle yang ada di Indonesia
d. Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat
OPPORTUNITIES
a.Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
b. Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
a.Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
b. Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
c. Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk mendesain ataupun menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien dan hemat biaya.
d. Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari
e. Informasi antara pemasok dan perusahaan lancar
THREATS
a. Perubahan teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry
b. Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap industry fashion
c. Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
d. Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
e. Selera masyarakat yang cendrung memilih sepatu sandal untuk fashion, bertentangan dengan ciri Sepatu Bata yang lebih mementingkan keawetan produk.
ANALISIS KOMPETENSI ( DAYA SAING PT Sepatu Bata Tbk )
Sumber daya yang dimiliki :
1. Sumber Daya Berwujud
a. Memiliki banyak cabang store
b. Memiliki pabrik tempat memproduksi alas kaki
c. memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded.
d. Bahan produk berkualitas dan tahan lama
e. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
f. Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Indonesia
g. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
2. Tak berwujud
2. Tak berwujud
a. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
b. Adanya etos kerja yang baik, tanggung jawab pada masing-masing entitas
Kemampuan
a. Memiliki banyak cabang store
b. Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Indonesia
c. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
d. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
e. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
f. memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing- masing
Kemampuan inti
a. Memiliki merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utamanya diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
b. Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
c. memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing- masing
d. Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
Keunggulan bersaing yang berkesinambungan
PT Sepatu Bata ini telah mendesain penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern. Bukan hanya gerai dan desain toko yang terlihat modern, akan tetapi sebanding dengan produk bata yang berkualitas tinggi dan tahan lama.
Daya Saing
Dengan adanya merek berlisensi perusahaan pada PT Sepatu bata ini akan meningkatkan nilai lebih pada perusahaan ini, dan yang terpenting ada beberapa poin yang menjadi titik penekakan pada produk alas kaki yang dihasilkan yaitu menekankan pada sisi kekuatan dan kualitas produk yang baik (keawetan dan tahan lama) pada produk alas kaki. Begitupula pada manajemen pendesainan gerai dengan yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern,pada pendesainan gerai dan toko ini menjadiciri khas tersendiri yang hanya dimiliki oleh perusahaan.
Dengan memiliki outlet yang banyak dan saluran distribusi yang tersebar di Indonesia, ini akan mengarah pada semakin dikenalnya produk alas kaki dan dapat menguatkan branding milik PT Sepatu Bata.
KONDISI
INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE STENGTH
Faktor Internal
|
Strength
|
Produksi
|
Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
|
Struktur Organisai
|
Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
|
Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
|
|
SDM
|
Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan
keterampilan
|
Distribusi
|
Saluran distribusi luas
|
Teknologi
|
Memiliki
teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang
sehingga mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki
|
Kuisioner Internal Factor Analysis Strategi
Untuk Mengetahui Kekuatan ( Strength )
Faktor Strategi
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Mampu memproduksi alas kaki dalam jumlah yang tinggi
|
3
|
0,18
|
3
|
0,54
|
Setiap karyawan bekerja sesuai dengan posisi masing-masing
|
2
|
0,13
|
3
|
0.39
|
Memilki tim yang kuat ulet dan tanggung jawab
|
2
|
0,13
|
3
|
0,39
|
Adanya program pelatihan rutin kepada staf penjualan untuk meningkatkan
keterampilan
|
2
|
0,13
|
3
|
0,39
|
Saluran distribusi luas
|
4
|
0,25
|
4
|
1
|
Memiliki
teknologi yang terintegrasi antara kantor pusat, kantor cabang dan gudang
sehingga mempermudah dalam proses distribusi produk alas kaki
|
3
|
0,18
|
3
|
0,54
|
Total
|
16
|
1
|
19
|
3,25
|
Ukuran
pembobotan :
1 = sedikit penting
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
|
Ukuran Rating Kekuatan :
1 = Sedikit kuat
2 = Agak kuat
3 = kuat
4 = Sangat kuat
|
KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE WEAKNESS
Faktor Internal
|
Weakness
|
Produksi
|
Mesin produksi yang hargannya tinggi
|
Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk
yang dihasilkan akibat mengejar target produk
|
|
Produk Bata tidak mengikuti perubahan
lifestyle yang ada di Indonesia
|
|
SDM
|
Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat
|
Kuisioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan ( Weakness )
Factor Strategi
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Mesin produksi yang hargannya tinggi
|
3
|
0,27
|
-3
|
-0,81
|
Kurangnya kesadaran karyawan di bagian produksi terhadap kualitas produk
yang dihasilkan akibat mengejar target produk
|
3
|
0,27
|
-2
|
-0,54
|
Produk Bata tidak mengikuti perubahan
lifestyle yang ada di Indonesia
|
3
|
0,27
|
-4
|
-1,08
|
Manajemen yang rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat
|
2
|
0,18
|
-2
|
0,36
|
Total
|
11
|
0,99
|
11
|
2,79
|
Ukuran
pembobotan :
1 = sedikit penting
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
|
Ukuran Rating Kelemahan :
-1 = Sedikit kuat
-2 = Agak kuat
-3 = kuat
-4 = Sangat kuat
|
Total SkorTabel IFAS = Total Skor Kekuatan + Total Skor Kelemahan
= 3,25 + (-2,79)
= 0,46
Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and
Opportunity Profil (ETOP) Opportunity
Factor –Faktor Eksternal
|
Opportunity
|
Politik
|
Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
|
Teknologi
|
Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
|
Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan
untuk mendesain ataupun menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian
pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien dan hemat biaya.
|
|
Social kultur
|
Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari
|
Kuisioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui peluang ( opportunity)
Factor Strategi
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor
|
3
|
0,25
|
4
|
1
|
Berkembangnya e-commerce memberi kesempatan pada Bata E-Commerce
|
3
|
0,25
|
3
|
0,75
|
Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan
untuk mendesain ataupun menyempurnakan produk, sehingga dengan demikian
pekerjaan dalam memproduksi lebih efisien dan hemat biaya.
|
3
|
0,25
|
3
|
0,75
|
Sepatu atau sandal menjadi kebutuhan utama masayarakat sehari-hari
|
3
|
0,25
|
3
|
0,75
|
Total
|
12
|
1
|
13
|
3,25
|
Ukuran
pembobotan :
1 = sedikit penting
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
|
Ukuran Rating peluang :
+1 = Sedikit kuat
+2 = Agak kuat
+3 = kuat
+4 = Sangat kuat
|
Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Opportunity Profil (ETOP) Threat
Faktor –Faktor Eksternal
|
Threat
|
Teknologi
|
Perubahan teknologi yang mutakhir
meningkatkan persaingan industry
|
Ekonomi
|
Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak
negatif terhadap industrifashion
|
Supplier
|
Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
|
Pesaing
|
Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan
inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
|
Kuisioner Eksternal Faktor Analysis Strategi Untuk Mengetahui ancaman ( Threat)
Factor strategi
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Perubahan teknologi yang mutakhir
meningkatkan persaingan industry
|
3
|
0,21
|
-3
|
-0,63
|
Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak
negative terhadap industry fashion
|
3
|
0,21
|
-3
|
-0,63
|
Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas
|
4
|
0,29
|
-3
|
-0,87
|
Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brand baru dengan
inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
|
4
|
0,29
|
-4
|
-1,16
|
14
|
1
|
-15
|
-3,29
|
|
Ukuran
pembobotan :
1 = sedikit penting
2 = Agak penting
3 = penting
4 = sangat penting
|
Ukuran Rating ancaman :
-1 = Sedikit kuat
-2 = Agak kuat
-3 = kuat
-4 = Sangat kuat
|
Total SkorTabel EFAS = Total
Skor peluang + Total Skor ancaman
= 3,25 + (-3,29)
= - 0,04
Diagram SWOT
Setelah diketahui titik pertemuan
diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran
II namun cenderung dekat pada kuadran IV
sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah
pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat
digambarkan pada tabel berikut ini:
Kuadran
|
Posisi Titik
|
Luas Matrik
|
Rangking
|
Prioritas Strategi
|
I ( SO )
|
3,25; 3,25
|
10,56
|
2
|
Growth
|
II (ST )
|
3,25; 3,29
|
10,69
|
1
|
Kombinasi
|
III ( WO )
|
2,79; 3,25
|
9,07
|
4
|
Stabilitas
|
IV ( WT )
|
2,79; 3,29
|
9,18
|
3
|
Penciutan
|
•
Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan
oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap
keunggulan pada kesempatan yang ada.
•
Pada kuadran II ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan
untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan
peluang
•
Pada kuadran III ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat
keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan
menghindari kelemahan.
•
Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala
kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
VARIASI STRATEGI
Strategi
manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran 1
Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat
dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk
mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Pengembangan Produk ( product
Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara
memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada. Adapun strategi yang digunakan, sebagai
berikut:
a.
Peluncuran produk Baru dengan 3 tipe
produk yang terdiri dari Injected Plastic, cemented Closed/ Sandal dan DIP
(Direct Injection proces)
b.
Dibandingkan dengan produk pesaing, 3 tipe produk yang terdiri dari Injected Plastic, cemented
Closed/ Sandal dab DIP (Direct Injection proces) dirancang agar konsumen lebih nyaman dan
unggul dari sisi kualitas, kuat dan tahan lama, karena bahan dasar yang
digunakan adalah karet atau kulit yang ringan sehingga nyaman ketika digunakan.
c.
Bata mampu bersaing di industri alas kaki yang sedang berkembang seperti
persaingan dengan carvil ardiles dan perusahaan alas kaki lainnya.
Kaitannya dengan kuadran I ( SO Strategi
)
Produsen
lain belum memikirkan bagaimana menekankan produk pada titik kualitas yang
lebih diutamakan dari pada hanya sekedar mementingkan model atau fashion yang
hanya bisa bermanfaat pada masanya saja. Bata menjadi pelopor sepatu terpercaya
yang memilki kualitas tinggi sehingga distribusi produknya bukan hanya di
Indonesia namun terdistribusi ke beberapa negara.
Strategi
manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran II
Pada kuadran II ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan
untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang.
Diversifikasi konsentrik
Menambah produk-produk baru yang saling berhubungan untuk
pasar yang sama.
Adapun Strategi yang
digunakan yaitu :
a.
Produk baru yang
diluncurkan yaitu sepatu casual untuk anak remaja dengan memilki harga yang lebih kompetitif namun tidak menurunkan dari sisi kualitas yang diberikan
kepada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan.
b.
Produk yang dimiliki Bata, seperti sepatu
sekolah memiliki
tingkat penjualan musiman, yaitu biasanya
penjualan sepatu meningkat ketika musim kenaikan kelas, sehingga dengan keadaan sepeti ini dapat menutup kerugian pada saat produk yang ada
memasuki musim penurunan.
Kaitannya dengan kuadran II (ST Strategi
)
Sepatu sekolah yang cendrung memiliki
tingkat penjualan musiman, yaitu biasanya
penjualan sepatu meningkat ketika musim kenaikan kelas, sehingga dengan keadaan
sepeti ini dapat menutup kerugian pada saat produk yang
ada memasuki musim penurunan. Kemudian produk baru yang
ditawarkan Bata yang harganya cendrung
lebih kompetitif namun tidak menurunkan sisi kualitas produk yang dimilki
memerikan kepuasan kepada konsumen dan pada akhirnya meningkatkan jumlah
penjualan.
Strategi
manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran III
Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala
kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Pengembangan produk (product
development)
Meningkatkan penjualan dengan cara
memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada. Adapun strategi yang digunakan, sebagai
berikut:
a.
Peluncuran produk Baru dengan 3 tipe produk seperti Injected Plastic, cemented Closed/ Sandal dan DIP (Direct
Injection proces)
b. Dibandingkan dengan
produk pesaing, ketiga tipe produk baru
tersebut
dirancang agar konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, kuat dan
tahan lama, karena bahan dasar yang digunakan adalah karet atau kulit yang
ringan sehingga nyaman ketika digunakan.
Kaitannya dengan kuadran II (ST Strategi
)
Bata tidak kalah saing
dengan kompetitor lain yang terus meluncurkan produk baru, stategi yang
diterapkan Bata yaitu mengembangkan produk dengan mengeluarkan produk baru yang
dimilki. dirancang
agar konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, kuat dan tahan lama,
karena bahan dasar yang digunakan adalah karet atau kulit yang ringan sehingga
nyaman ketika digunakan.
Strategi
manajer dan perusahaan dan kaitannya dengan kuadran IV
Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala
kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Diversifikasi konglomerat ( conglomerate diversification )
Menambah produk-produk baru yang tidak saling berhubungan
untuk pasar yang berbeda.
Strategi yang digunakan
yaitu:
a.
Menambah produk baru dengan
mengembangkan ide-ide baru, begitu pula pada pemberian desain toko yang lebih
furniture dan menarik agar konsumen lebih nyaman ketika berada di dalam toko.
b.
Bata mempunyai modal dan kemampuan manajemen yang tinggi, yang tentunya sangat dibutuhkan dalam bersaing di industri
baru alas kaki.
Kaitannya dengan kuadran IV(WT Strategi )
Menambah produk baru
yang menjadi perkembangkan ide-ide produk baru seperti Injected Plastic, cemented
Closed/ Sandal dan DIP (Direct Injection proces. Dilain sisi pemberian desain
toko yang lebih furniture dan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi
konsumen agar lebih nyaman ketika berada di dalam toko. Disamping itu juga
permodalan dan kemampuan mananjemen Bata cukup tinggi.
ANALISIS STRATEGI BISNIS UNIT SESUAI VALUE CHAIN BERBASIA ANGGARAN
STRATEGI BISNIS UNIT
a.
kualitas tinggi, awet dan tahan lama sesuai dengan keinginan
konsumen.
b.
Strategi bisnis unit menciptakan diferensiasi melalui
kualitas produk yang tinggi, awet dan tahan lama.
c.
Strategi ini digunakan karena perusahaan memilki:
1. Keterampilan dan Sumberdaya Umum yang di
perlukan:
a. Jaringan Distribusi penyebaran
produk yang telah tersebar dibeberapa negara
b. Mampu memproduksi alas kaki yang berkualitas, kuat, dan tahan
lama
c. Pembagian divisi kerja yang jelas
2. Persyaratan Organisasi Umum
a. koordinasi yang kuat antara
fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan
produk, dan pemasaran
b. Pengukuran dan insentif yang
subyektif.
c. Perekrutan karyawan yang
berkompeten dan kreatif di bidang masing-masing
d. Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk
menciptakan keunikan yg sesuai dengan permintaan para pelanggan.
VALUE
CHAIN DIFFERENSIASI
Adanya
kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dg
permintaan para pelanggan. Ada empat tahap :
1.
Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
a.
Tingkat kepentingan dari tiap aktivitas yang berbeda
b.
Keterpisahan dari aktivitas yang berbeda.
c.
Dibuat rantai nilai yang terpisah untuk setiap kelompok
pelanggan.
2.
Identifikasi faktor penentu diferensiasi
Dengan
menggunakan bahan kulit asli dan bahan-bahan yang berkualitas memberikan kenyaman kepada konsumen ketika menggunakan
produk Bata. Salah satu contoh produk Bata yaitu sepatu kantor, karena bahan
dasar yang digunakan untuk memproduksi sepatu berbahan dasar kulit asli yang
ringan dan lembut mengakibatkan kenyamanan ketika digunakan yaitu terasa
ringan dan tidak panas ketika digunakan.
3.
Pilih dan tentukan faktor-faktor kunci
a.
Saluran distribusi produk Bata telah dikenal secara meluas
b.
Bahan berkualitas,awet
dan tahan lama
4.
Tempatkan keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan
pelanggan.
menciptakan nilai bagi pelanggan
meliputi :
a.
Menurunkan biaya
Bata telah
memberikan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, akan tetapi tidak
menurunkan kualitas yang diberikan
b.
Memberi produk diferensiasi pada aktivitas pelanggan
Bata
melncurkan Produk sepatu yang tahan air dan tidak mudah rusak
ANGGARAN PRODUKSI
Dalam penganggaran Produksi pada PT Sepatu Bata ini saya ambil contoh mengenai anggaran produksi pada Sepatu kulit untuk sepatu kantoran. berikut anggaran yang berkaitan dengan anggaran produksinya:
1.
Anggaran Penjualan
dengan asumsi PT sepatu bata menganggarkan harga jual per sepatu sebesar Rp. 70.000 sementara anggaran total jumlah sepatu yang terjual pertahun sebesar 5.100 unit
2. Anggaran Produksi
Persediaan akhir yang diinginkan perusahaan sebesar 130 unit sepatu kul
3. Anggaran pembelian bahan baku langsung
4. Anggaran tenaga kerja langsung
5. Anggaran Overhead
6. Anggaran persediaan barang jadi
PENYUSUNAN PROGRAM
PT
sepatu Bata Tbk mulai membuat program mengenai peluncuran produk Baru yaitu
sepatu casual untuk remaja dengan memilki harga yang lebih kompetitif namun tidak menurunkan dari sisi kualitas yang diberikan
kepada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Peluncuran
produk sepatu Casual ini didasarkan atas permintaan pasar. Adapun identifikasi
produk yang diluncurkan yang meliputi cakupan yaitu memilki produk yang Lentur,
Lembut , Ringan, Nyaman, dan Model masa kini. Kelima aspek ini sangat penting
karena ketika konsumen menggunakan sepatu casual ini akan memberikan kenyamanan
tersendiri ketika diguanakan.
|
PRIHAL :
BalasHapusPENAWARAN KERJASAMA UNTUK KONSULTAN PENGURUSAN JAMINAN ASURANSI DAN BANK GARANSI BISA TANPA COLLATERAL/AGUNAN PROSES CEPAT,MUDAH DAN BIAYA KOMPETITIF LEBIH MURAH
Yth Customer,
Bapak/ Ibu
Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan
di
Tempat
Dengan hormat,
Perkenalkan kami Dari PT. MITRA KAUR PERMAI ,Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421, No Akte Pendirian 150 dan SIUP No 5027-01/1.824.271 Perusahaan kami Telah Resmi Ditunjuk Untuk Memasarkan Produk Bank Garansi & Surety Bond Bisa Tanpa Agunan (Non Collateral). Adapun Jaminan Bank garansi & Asuransi Yang kami Tawarkan Telah Diterima di instansi Pemerintah dan Swasta serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
DAFTAR JAMINAN:
Jaminan Penawaran (Bid Bond)
Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)
Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)
Jaminan Pembayaran Akhir Tahun (SP2D)
Jaminan Contractor ALL RISK (CAR)
Jaminan Custom Bond
Jaminan Property ALL RISK (PAR)
Jaminan Erection ALL RISK (EAR)
Jaminan Marine Hull Insurance (MH)
Jaminan Cargo
Jaminan Workman Compensation Liability (WCL)
Jaminan Conprenshive General Liability (CGL)
Jaminan Automobile Liabelity (AL)
Jaminan Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)
KMK (KREDIT MODAL KERJA)
DAN ASURANSI UMUM LAINNYA
Demikianlah perkenalan singkat dari kami, besar harapan kami untuk dapat berkerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu dan semoga ini langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa akan datang dan atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Adapun sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu berikut ini saya lampirkan proposal penawaran penerbitan surety bond (asuransi) dan bank guarantee (bank garansi). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
PT. MITRA KAUR PERMAI
ttd
M.HUSEIN
Telp (021) 4754 596
Mobil 085736366719
WhatsApp 085736366719
Email: pt.mjs99@gmail.com
Office:Jl.cipinang bunder jakarta timur
STATUS PERUSAHAN DIBEACUKAI (JALUR HIJAU)
BalasHapusKepada Yth.Bapak/Ibu Perusahaan-
Purchasing|Sales / HRD |CEO/ Marketing Import.Dept
Di-
Tempat.
Dengan Hormat,
Kami dari PT. PASESA MITRA NIAGA
GENERAL TRADING & INTERNATIONAL IMPORT-EXPORT FREIGHT FORWADERS SUPPLIER Perusahaan Jasa di Kepabeanan yang Menangani Customs Clearance Import via Bandara Maupun Pelabuhan Seluruh Indonesia.
Berikut kami kirimkan penawaran harga import borongan dengan UDARA, LAUT, dan FCL&LCL 20/40feet dengan data sebagai berikut:
GUANG ZHOU
- General Cargo Rp 5.500.000/m3 (LAUT)
- Lartas Cargo Rp 6.000.000/m3 (LAUT)
- Garment , Kosmetik, Textile , Chemical MSDS Rp 7.500.000,-/m3 (LAUT)
- General Cargo Rp 200.000,-/KG (UDARA)
- Lartas Cargo Rp 220.000,-/KG (UDARA)
Syarat dan ketentuan :
-Lama pengiriman shipment laut estimasi 3 minggu.
-Minimum charges shipment laut 0.5 m3
-Lama pengiriman shipment udara estimasi 7 hari.
-Minimum charges shipment udara 5 kg.
SINGAPORE
- General Cargo Rp 9.000.000/m3 (LAUT)
- Lartas Cargo Rp 9.500.000/m3 (LAUT)
- Garment , Kosmetik, Textile , Chemical MSDS Rp 11.000.000,-/m3 (LAUT)
Syarat dan ketentuan :
-Lama pengiriman shipment laut estimasi 2 minggu.
-Minimum charges shipment laut 0.5 m3
Kami juga melayani shipment dari negara lain seperti HONGKONG,TAIWAN,KOREA,BANGKOK.
Demikianlah Perkenalan Ini Kami Sampaikan. Suatu Kebanggan Besar Bagi Kami Bila Dapat Berkerjasama Dengan Perusahaan Bapak/Ibu. Atas Perhatiannya dan Kepercayaan yg Kami Berikan, Kami Ucapakan Terima Kasih.
Hormat Saya,
DAFI
Call Phone/WhatsApp: (+62) 812-1031-5195
GD.IEC Building, Suite 105
Jl.Jatinegara Barat No.116H (Terminal Kampung Melayu)Jakarta Timur 13320 Indonesia.Telp: (+62) 21-2101-8238 (Office) Email: mkhadafi.import@gmail.com
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id